Fakta Cegukan: Apa Saja yang Sudah Anda Ketahui Tentang Cegukan?

cuka apel cegukan

 

Cegukan, atau tersedak, biasanya terjadi saat setelah makan atau minum, tapi biasanya bisa juga tiba-tiba kita mengalami cegukan. Tahukah anda bagaimana cegukan bisa terjadi? Bagaimana caramenghentikan cegukan secara medis? Berikut ini pembahasan lengkap mengenai fakta cegukan, mulai dari penyebab cegukan, cara mengatasi cegukan sampai komplikasi cegukan.

 

Cegukan ditandai dengan sebuah kejang yang terjadi pada otot besar yang memisahkan antara rongga dada dan rongga perut (diafragma). Kejang ini merambat ke atas, membuat tubuh mengambil nafas yang kemudian tiba-tiba dihentikan oleh pita suara (glottis) yang menutup akibat gerak refleks dari kejang tadi. Ketika pita suara menutup inilah biasanya tercipta suara ‘ceguk’ dari serangkaian gejala cegukan.
Penyebab Cegukan

Menurut cerita orang-orang tua kita jaman dulu, cegukan terjadi karena kita makan atau minum terlalu cepat. Tapi kadang, tidak sedang makan atau minum pun kita juga bisa cegukan, jadi sebenarnya apa benar penyebab cegukan yang dikatakan para sesepuh kita ini?

Ternyata, pada dasarnya, penyebab dari cegukan adalah perut yang penuh. Nah, perut yang penuh ini pun tidak datang dengan tiba-tiba, tapi dipicu oleh berbagai hal di bawah ini:

– Makan atau minum dengan banyak terlalu cepat
– Perubahan temperatur dalam perut yang tiba-tiba (seperti setelah minum air hangat lalu tiba-tiba minum es)
– Menelan terlalu banyak udara
– Minum-minuman keras (alkohol), biasanya bir
– Merokok
– Tertekan atau kelewat bersemangat

 

Fakta Cegukan

Berbagai fakta mengenai cegukan di bawah ini sepertinya cukup seru untuk dibahas. Seperti, berapa lama cegukan dapat berlangsung, tipe-tipe cegukan, komplikasi cegukan. Berikut ini fakta cegukan:

– Cegukan dapat menyerang pada manusia berapa pun umurnya, baik pada bayi maupun orang dewasa
– Cegukan lebih cenderung terjadi pada pria dibanding wanita
– Cegukan biasanya berhenti setelah beberapa menit atau beberapa jam
– Cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam disebut cegukan persisten
– Cegukan yang berlangsung lebih dari sebulan disebut cegukan intractable (cegukan inilah yang sering dikaitkan dapat menyebabkan kelelahan, kurang tidur dan turunnya berat badan)
– Cegukan yang berlangsung lama (cegukan persisten dan cegukan intractable) dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan seperti kanker, infeksi, ginjal, iritasi syaraf juga stroke.
– Kesehatan mental, bius anestesia serta operasi dapat menjadi penyebab terjadinya cegukan jangka panjang persisten dan intractable.

 

Bagaimana cara menghentikan cegukan?

Diantara semua fakta cegukan yang ada, yang paling ingin kita ketahui sebenarnya hanya satu: bagaimana cara menghentikan cegukan. Cara menghentikan cegukan itu gampang dan dapat dilakukan di rumah saja. Secara ilmiah, beberapa cara menghentikan cegukan dilakukan dengan menaikkan tingkat karbon dioksida pada darah, berikut ini caranya:

– Tahan nafas dan hitung sampai 10 secara perlahan
– Siapkan tas kresek atau tas kertas lalu bernafas di dalamnya selama beberapa lama
– Segera minum segelas air dingin
– Memakan gula atau madu sebanyak satu sendok teh

Sedangkan untuk cara mengatasi cegukan persisten dan intractable, mungkin akan perlu dilibatkan obat-obatan medis atau pengobatan alternatif seperti akupuntur sampai hypnosis hingga cegukan dapat sembuh total.