Ingat! Konsumsi Buah-Buahan Ini Untuk Penyakit Kolesterol

 

Bagi para penderita kolesterol, yang terpenting untuk tetap sehat adalah dengan menjaga kadar kolesterol agar tetap rendah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol keadaan ini, salah satunya dengan cara konsumsi buah-buahan untuk penyakit kolesterol. Para penderita harus sangat memperhatikan hal ini, karena sudah tidak dibolehkan lagi konsumsi makanan dengan lemak yang tinggi kurang sehat karena rentan untuk membuat kolesterol tinggi lagi.

Apa Bisa Mengontrol Kadar Kolesterol Dengan Konsumsi Buah?

Ada banyak sekali para penderita kolesterol yang mengajukan hal ini bahkan pada saat mereka sudah positif terserang penyakit kolesterol. Maka, untuk meyakinkan para pasien dengan harapan agar bisa sembuh nantinya, maka berikut ini akan dipaparkan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Logikanya, penyakit kolesterol merupakan penyakit yang terjadi karena adanya penyumbatan lemak pada bagian darah. Karena adanya penyumbatan ini, organ tubuh lain di dalam tubuh menjadi terganggu kinerjanya. Lemak yang tersumbat merupakan lemak jahat lebih banyak dari lemak baik. Padahal, asupan lemak di dalam tubuh haruslah terpenuhi kadar normalnya.

Lemak memang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh, namun banyak orang yang salah persepsi akan hal ini. Mereka bahkan merasa, lemak baik yang terdapat di dalam buah pun tidak baik dan harus ditahan saat hendak dikonsumsi. Sedangkan, untuk beberapa makanan lain yang jelas mengandung lemak jahat tidak dijauhi.  Saat sudah terserang penyakit kolesterol, Anda harus lebih mengontrol konsumsi lemak baik itu lemak jahat maupun lemak baik.

Lebih perbanyak konsumsi lemak baik yang berasal dari buah seperti buah alpukat. Selain itu, untuk menetralkan kembali keadaan darah dan lemak di tubuh bisa dibantu dengan konsumsi buah. Karena, buah mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berarti, jawabannya adalah bisa. Konsumsi buah-buahan bisa membantu tubuh untuk mengontrol kadar kolesterol.

Buah-Buahan Yang Bagus Untuk Penyakit Kolesterol

  1. Apel

Buah apel mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang mampu mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh.  Selain itu, apel memang sangat terkenal bagus sekali untuk dikonsumsi bahkan kulitnya yang mengandung pektin serta bisa larut dalam air sangat ampuh untuk kolesterol. Maka, saat Anda konsumsi apel agar menjaga kadar kolesterol, cuci bagian kulit dengan air hangat atau rendam beberapa saat dan kemudian konsumsi tanpa harus dikupas kulitnya.

Kandungan pektin tadi bekerja untuk menyerap kolesterol dan lemak jahat yang terdapat di dalam usus dengan tujuan untuk dibawa keluar melalui feses dan urin. Anda bisa menggantikan sarapan pagi yang selama ini konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dengan buah apel. Karena buah ini mengandung serat tinggi yang dapat memberikan rasa kenyang.

  1. Alpukat

Tanggapan orang-orang mengenai buah alpukat yang mengandung lemak memang benar, tetapi lemak yang ada di dalam buah ini merupakan lemak baik. Sehingga, jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu akan sangat baik untuk kesehatan. Buah ini merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang memang memiliki khasiat sangat baik untuk jantung.

Alpukat mengandung mineral, vitamin, dan senyawa yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh kita. Jika Anda konsumsi 1 buah alpukat dalam sehari bisa menurunkan kolesterol jahat, sesuaikan lagi dengan kondisi Anda saat itu. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian bahkan bisa untuk mencegah penyakit jantung dan kanker.

  1. Pir

Buah ini mengandung serat alami yang sangat tinggi, dengan perhitungan satu buah pir sedang bisa memenuhi 16% kebutuhan serat harian Anda. Buah pir bahkan lebih tinggi daripada buah apel karena kadar serat dan air yang terkandung jauh lebih tinggi. Serat di dalam buah ini adalah pektin, dimana pektin bisa mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh.

  1. Pepaya

Buah ini menjadi buah yang dapat menurunkan HDL yang tinggi oksidan, seperti vitamin E, likopen, dan vitamin C. Banyaknya kolesterol yang menempel pada pembuluh darah apabila terjadi oksidasi bisa menyebabkan pembentukan plak dan menutup pembuluh darah. Kandungan vitamin C dan E bisa menyatu dengan enzim yang biasa disebut paraxonase, nantinya bisa menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

Kadar Konsumsi Buah-Buahan Yang Bagus

Meski banyak pihak menyarankan Anda untuk konsumsi beberapa buah yang baik untuk kesehatan terutama penderita kolesterol, Anda tidak bisa konsumsi begitu saja. Pastikan Anda mengetahui kadar vitamin dan nutrisi dari dalam buah tersebut agar tahu berapa banyak yang bisa Anda konsumsi per harinya. Jangan sampai ada jumlah lemak baik Anda konsumsi secara berlebihan atau vitamin lainnya. Maka, coba untuk variasikan jenis buah yang akan Anda konsumsi setiap harinya.