Kenali Gejala dan Ciri-Ciri Penderita Kolesterol

Sebagai salah satu penyakit yang memiliki risiko mematikan, penyakit kolesterol tidak bisa Anda abaikan dan anggap biasa saja. Di Indonesia, sudah diperkirakan satu dari tiga penduduknya itu memang menderita penyakit kolesterol. Dengan berbagai macam alasan, jenis penyakit ini memang masih banyak belum dipahami risiko, gejala dan ciri-ciri penderita kolesterol oleh sebagian besar masyarakatnya.

Kolesterol Dibutuhkan Oleh Tubuh?

Sebenarnya, kolesterol ialah sebuah zat lemak yang memang sangat berguna dan diperlukan oleh tubuh. Kolesterol dapat membuat vitamin D, hormon, dan zat-zat yang dibutuhkan untuk mencerna makanan. Namun, kadar dan jumlah kolesterol yang boleh dikonsumsi ini tidak boleh terlalu banyak atau terlalu sedikit karena akan memberikan dampak tertentu. Ada dua jenis kolesterol pada dasarnya, yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik.

Ini Dia Gejala Yang Dialami Saat Anda Terserang Kolesterol

Sebelum terlambat atau langsung memvonis diri Anda terserang penyakit kolesterol, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu apa saja sebenarnya gejala yang mungkin dialami oleh penderita. Jika sudah mengetahui dan ternyata memang Anda terserang kolesterol, maka bisa langsung tau apa saja penanganan yang bisa Anda lakukan ke depannya.

Berikut ini gejala yang diperlihatkan bagi mereka yang menderita kolesterol:

  1. Nyeri di bagian dada

Saat seseorang sudah positif terserang penyakit kolesterol, biasanya disaat kolesterolnya naik akan merasakan nyeri pada bagian dada. Hal ini diakibatkan karena adanya penumpukan lemak di dalam arteri. Karenanya, aliran darah menuju jantung menjadi tidak lancar sehingga ada banyak orang yang merasakan sakit ulu hati.

  1. Sakit kaki dan tangan

Untuk gejala kolesterol lainnya, biasa Anda akan merasa sakit pada bagian tangan dan kaki hanya berupa perasaan yang tidak nyaman saja. Orang tua yang biasa mengalami gejala ini, akan merasakan panas serta kesemutan pada bagian tangan maupun kaki. Penyebab pasti hal ini dikarenakan aliran darah tidak lancar.

  1. Sulit bernapas

Ketika ada banyak kolesterol yang sudah menumpuk pada aliran darah, maka akan menyebabkan Anda merasa sulit untuk bernapas. Jantung Anda akan tidak bisa memompa darah dengan baik sehingga tubuh juga akan kekurangan oksigen. Jika seorang pasien yang juga menderita stroke dan obesitas, maka keadaannya bisa semakin buruk hingga menyebabkan sesak napas.

  1. Tubuh merasa sangat lelah

Keadaan seperti ini pastinya si pasien harus mengerti keadaan tubuh diri sendiri, jika pada hari tersebut pasien tidak merasa banyak melakukan aktivitas namun tubuhnya terasa lelah maka ada kemungkinan ini merupakan gejala kolesterol. Namun, jika pada hari yang sama Anda sudah melakukan banyak aktivitas wajar saja jika merasakan capek. Untuk Anda yang merasakan ini gejala kolesterol, biasanya tubuh akan merasa sangat lelah karena tidak mendapatkan aliran darah yang cukup.

  1. Lemahnya otot kaki

Biasanya, para pasien yang menderita kolesterol dan hipertensi akan merasa otot kaki yang sering lemah. Kondisi ini terjadi karena arteri tidak mendapatkan aliran darah yang cukup, karenanya akan berefek pada otot kaki yang menjadi lemah.

  1. Nyeri bagian punggung dan leher

Untuk gejala ini, jika Anda sering mengalami sekaligus dengan beberapa gejala lainnya maka bisa dikagerikan penyakit kolesterol Anda sudah parah. Apalagi jika Anda juga mengalami tekanan darah tinggi, maka dapat dengan mudah terjadi tekanan tidak nyaman pada bagian leher dan punggung karena pembuluh darah yang menyempit karena tidak adanya plak dari kolesterol.

Ciri-Ciri Penderita Kolesterol

Selain gejala, Anda juga bisa mengetahui apakah terserang penyakit kolesterol atau tidak dengan mengetahui apa saja ciri-cirinya. Berikut ini beberapa ciri yang biasa terjadi pada penderita:

  • Kesemutan

Selain karena Anda sering duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak berubah, ternyata sering kesemutan bisa menjadi ciri dari kolesterol.

  • Sering mual dan muntah

Untuk Anda yang tidak ada riwayat sakit lambung, magh, dan serupa lainnya mungkin saat sering mengalami mual dan muntah itu karena terserang penyakit kolesterol. Hal ini dikarenakan kolesterol dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan.

  • Hilang keseimbangan

Keadaan kehilangan keseimbangan ini berbeda dengan kondisi saat Anda lemah dan lemas setelah kecapen, rasanya seperti Anda tidak bisa menggerakkan tubuh dengan perasaan yang berbeda. Biasanya akan berdampak pada otot yang lemah.

  • Mengalami sakit dan tangan

Memang para penderita kolestrol sering mengalami kondisi sakit kaki dan tangan karena lemak jahat yang sudah menumpuk dan mengganggu kerja organ yang lain.

Itulah paparan mengenai ciri-ciri yang  biasa terjadi pada penderita kolesterol.