Kolesterol Anda Naik? Kenali Kadar HDL dan LDL Normal

Banyak dari para penderita kolesterol mengabaikan poin penting untuk tetap menjaga dirinya dari serangan kolesterol tinggi. Poin ini adalah bagaimana caranya agar kadar HDL dan LDL normal dan tidak mengalami kenaikan salah satu diantaranya. Karena, jika kadar ini bisa naik akan lebih berisiko untuk penyakit mematikan seperti stroke dan jantung.

Untuk mengetahui kadar kolesterol biasanya hanya bisa dilakukan dengan cara cek langsung untuk mengetahui darah profil lipid kita berapa. Meskipun begitu, pastinya Anda tidak mungkin juga jika harus selalu berada di klinik atau rumah sakit hanya untuk cek. Apalagi saat Anda konsumsi makanan yang tidak sehat, kadarnya bahkan bisa naik atau turun begitu saja.

Setiap tubuh seseorang, biasanya bisa merasakan jika kadar kolesterol dalam darahnya itu sudah mulai naik dan tidak seperti biasanya. Ada banyak tanda-tanda yang diberikan oleh tubuh tergantung dari kondisi dan ketahanan tubuh setiap orang lagi. Perlu digaris bawahi, kolesterol ini berasal dari hati yang bahan baku utamanya itu makanan. Ketika tubuh Anda mencerna makanan yang tidak sehat, maka pada saat itulah lemak bertambah dan menjadi kolesterol.

Meski pada dasarnya tubuh memang menghasilkan kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh, namun jangan sampai Anda konsumsi lemak yang bisa menjadi kolesterol ini dalam jumlah dan kadar yang banyak. Sehingga hati akan terus menghasilkan kolesterol yang tidak terkontrol. Untuk itu, Anda harus mengetahui berapa sebenarnya kadar HDL dan LDL normal dalam darah.

Apa Itu Kadar HDL?

Sebelum menjelaskan lebih panjang mengenai kolesterol dan cara mengetahui berapa kadar normalnya, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu istilah HDL yang merupakan singkatan dari High Density Lipoprotein ini.

Kolesterol merupakan salah satu sub bagian dari lemak yang juga senyawa lemak yang kompleks. Lemak yang kaya energi di dalam tubuh kita ini tidak bisa larut dalam air biasa. Karenanya, lemak ini agar bisa melalui aliran darah haruslah membentuk sebuah struktur yang biasanya disebut dengan istilah lipoprotein.

Karena proses inilah akhirnya di dalam tubuh ktia teradapat HDL yang juga terdapat LDL. Untuk HDL ini biasa dikenal dengan istilah “lemak baik”. Kenapa bisa dikatakan seperti itu? Bukannya yang selama ini kita ketahui bahwa semua lemak itu memang tidak baik untuk tubuh? HDL ini dapat menjaga pembuluh darah di dalam arteri agar tetap bersih dan steril sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Beberapa pakar ahli menyebutkan bahwa HDL ini memiliki manfaat juga bagi tubuh manusia. Yaitu mampu membawa balik kolesterol menuju ke hati. Sehingga, apalagi kadar HDL ini terlalu tinggi maka akan semakin banyak kolesterol yang dibawa ke dalam hati. Maka, tak jarang Anda mendengar informasi seorang pasien yang terkena kolesterol dan kemudian juga terkena komplikasi jantung atau stroke. Inilah beberapa alasannya.

Kenali Kadar HDL!

Selain kadar HDL, ternyata di dalam tubuh kita juga terdapat kadar LDL dimana kepanjangan dari Low Density Lipoprotein yang berperan sebagai kolesterol jahat. Jenis kolesterol ini sering dikaitkan dengan meningkatnya risiko aterosklerosis, istilah ini merupakan penyempitan pembuluh darah yang diakibatkan oleh penumpukan plak dari kolesterol yang ada di dalam tubuh kita. Sehingga, akibat dari aterosklerosis ini ialah serangan jantung dan stroke.

Dalam batas dan jumlah tertentu, LDL ini juga bisa memberikan manfaat bagi tubuh kita, yaitu dapat membawa kolesterol ke sel-sel tubuh karena sel-sel di dalam tubuh ini memang pada dasarnya membutuhkan kolesterol. Maka, kadar ini sebaiknya tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah karena kedua halnya dapat memberikan dampak dan efek yang berbeda-beda. Ketika HDL tinggi pastikan untuk kadar LDL-nya tidak rendah.

Berapa Batasan Kadar Kolesterol Normal Yang Harus Dijaga?

Untuk menjaga serangan kolesterol tinggi secara tiba-tiba, kita bisa mengantisipasi dengan cara menjaga kadar HDL dan LDL nya. Untuk kadar kolesterol, jika kurang dari 200 mg/dl ini merupakan kadar yang normal dan harus Anda jaga.

Untuk kadar HDL, semakin tinggi kadarnya maka semakin kecil risiko terkena penyakit jantung. Pria harus menjaga kadar HDL normalnya kisaran 40-50 mg/dl. dan wanita 20-60 mg/dl.

diAngka berikut akan menunjukkan kategori LDL, jika kurang dari 100 mg/dl maka itu tergolong sangat baik, di atas 100-129 mg/dl sudah di atas rata-rata. Dikategorikan bahaya apabila sudah lebih dari 190 mg/dl dan sudah memiliki risiko yang tinggi.