Mengapa Cuka Apel?

Cuka Apel La Tamba 05

Cuka Apel

Cuka hampir bisa dibilang tidak pernah ditemukan oleh siapa pun. Cairan apa pun yang mengandung gula bisa dengan sendirinya berubah menjadi cuka saat bersentuhan dengan udara. Proses pembuatannya yang sangat alami membuat cuka menjadi pangan yang tidak mengandung kimia berbahaya maupun pengawet. Hal ini sudah diketahui jauh ribuan tahun sebelum masehi oleh bangsa Cina dan Babilonia yang menggunakan cuka dalam resep dan bumbu masakan.

Cuka apel sendiri banyak digunakan dengan tujuan kesehatan karena cuka apel mengandung asam yang rendah Ph, yang artinya kuman dan virus akan terbunuh dalam tingkat keasaman tersebut. Bangsa Mesir ditemukan menjadi yang pertama menggunakan cuka apel sebagai antiseptik dan sekaligus penurun berat badan.

Kepopuleran cuka apel meledak semenjak diproduksi secara tidak sengaja di Prancis, dimanawine terbaik diracik dan beberapa wine gagal–salah satunya terbuat dari buah apel–yang menguap ke udara kemudian berubah menjadi cuka. Hari ini, cuka apel telah menjadi semacam tonik ajaib yang bisa membantu proses perawatan berbagai keluhan penyakit, baik dalam maupun luar, serta dapat digunakan sebagai anti serangga dan membersihkan perabot rumah.

Ketahui lebih jauh tentang sejarah panjang kegunaan dan manfaat cuka apel selama beribu-ribu tahun. Dibahas mulai dari A-Z oleh official website Cuka Apel La Tamba.