Mengatasi Migrain Sebelum Migrain

Cuka Apel Migrain

Cuka Apel Migrain

Migrain bukan merupakan pusing kepala yang terjadi tiba-tiba. Migrain bisa terjadi karena dipicu oleh berbagai hal seperti makanan, pergantian hormon bahkan cahaya yang terang. Untuk mengurangi potensi terjadinya migrain, ada baiknya anda memperhatikan dalam melakukan hal-hal berikut:

 

 

Pilihan makanan

Mengetahui makanan dan bahan-bahan yang ditambahkan di dalamnya untuk menghindari serangan migrain mendadak. Makanan-makanan tertentu seperti daging olahan, keju, pemanis, cokelat, alkohol bewarna gelap, kafein dari kopi dan anggur merah diketahui apat memicu terjadinya migrain. Kurangilah konsumsi kopi dan alkohol yang berlebihan.

 

Makan dan minum dengan teratur

Melompati jadwal makan teratur dapat memicu migrain. Kelaparan serta dehidrasi dapat memicu migrain, jadi sebisa mungkin jagalah jadwal makan teratur tiga kali sehari dan cukup minum air. Kurang tidur akan membantu migrain terjadi juga, demikian, kelebihan tidur juga akan membuat pusing. Jadi menjaga keteraturan gaya hidup akan membantu meredakan gejala migrain.

 

Suplemen

Anda mungkin ingin mempertimbangkan mengkonsumsi suplemen utuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yang dapat memicu terjadinya migrain. Kekurangan magnesium misalnya, diketahui dapat berpengaruh terhadap terjadinya migrain, sehingga mengkonsumsi suplemen akan membantu mengurangi terjadinya migrain.

Mineral dan herba tertentu akan membantu meredakan migrain. Konsultasikan dengan dokter mengenai pengobatan herbal dan suplemen yang membutuhkan resep yang dapat membantu gejala migrain anda.

 

 

Olahraga porsi seimbang

Olahraga yang rutin memang penting untuk gaya hidup sehat. Tapi olahraga yang terlalu berlebihan seperti angkat beban, juga dapat memicu migrain. Bagaimana pun anda harus memperhatikan reaksi yang ditimbulkan tubuh anda pada berbagai kegiatan yang anda lakukan. Mungkin anda perlu mengkonsumsi obat-obatan anti-inflamasi sebelum berolahraga berat, atau berganti olahraga yang tidak menyebabkan terlalu banyak stres bagi tubuh.

 

Perubahan hormon pada wanita

Menjelang menstruasi, migrain mungkin akan semakin sering terjadi pada wanita. Untuk saat-saat seperti ini, ada baiknya para wanita lebih berhati-hati dengan makanan yang dimakan dan kebiasaan olahraganya, hal ini akan membantu gejala migrain terjadi sebelum waktunya.

Konsumsi obat-obatan kontrasepsi pada wanita juga dapat meningkatkan terjadinya migrain. Ada baiknya anda mencoba mengganti pil KB anda dengan bentuk kontrasepsi lainnya.

 

Suara keras dan cahaya yang terlalu terang

Menyetir di malam hari, nonton bioskop, pergi ke mall atau mengunjungi tempat-tempat rekreasi adalah lingkungan dimana migrain dapat terjadi tiba-tiba. Lampu yang terang, suara keras, matahari yang terik adalah stimuli yang memicu migrain.

Sedangkan hal-hal diatas mau tidak mau agak sulit dihindari, hal-hal seperti beraktifitas dengan komputer atau menonton TV yang dapat memicu migrain dapat dicegah dengan beristirahat sejenak dan menyesuaikan tingkat terangnya layar.

Saat migrain terjadi, ada baiknya juga anda memperhatikan suara keras dan keadaan yang terang di sekitar anda karena gangguan ini mungkin akan memperparah migrain anda.

 

Perubahan cuaca

Mungkin anda ingin mengecek ramalan cuaca di gadget atau TV sekali-kali, karena perubahan cuaca dari lembab ke panas atau panas ke lembab dapat mempengaruhi pola migrain anda. Jika cuaca yang berubah ini mulai menyebabkan anda tidak enak badan, sebaiknya anda beristirahat dari kegiatan di luar dan masuk ke dalam rumah atau ruangan yang bertemperatur netral.

 

Hindari Stres

Stres dalam pekerjaan atau di sekolah tidak dapat terhindari, tapi setidaknya anda harus belajar bagaimana mengatasi dan mengontrolnya. Migrain dapat terjadi akibat kejadian-kejadian yang membuat stres. Anda bisa belajar merelakskan diri dengan teknik-teknik meditasi atau yoga yang akan menenangkan tubuh dan pikiran.

 

Coba suatu kali anda coba menulis catatan tentang migrain anda, seperti makanan dan minuman apa saja yang biasa anda makan, olahraga anda, cuaca, perasaan anda, obat-obatan yang anda minum serta efeknya serta saat sakit kepala migrain menyerang. Hal ini akan membantu anda melihat pola migrain anda dan dapat membantu anda menghindari terjadinya migrain.

 

 

 

Rujukan: Health Line