Olahraga Bisa Menurunkan Kolesterol? Berikut Jawabannya!

Hampir semua penyakit bisa diatasi dengan cara melakukan olahraga, mulai dari penyakit yang sedang hingga paling parah sekalipun. Selain itu, olahraga memang menjadi kegiatan yang paling menyehatkan dan bisa membuat siapa saja merasa segar dan bugar. Anda yang sudah terbiasa dengan olahraga pasti merasa diri sangat sehat dan tidak mudah terserang penyakit apapun.

Olahraga juga berlaku bagi mereka para penderita kolesterol dalam rangka dan tujuan untuk bisa menurunkan kadar kolesterolnya. Akan tetapi, masih ada beberapa pertanyaan mengenai hal ini apakah memang bisa olahraga menurunkan kadar kolesterol? Ternyata memang iya, dengan melakukan olahraga kadar kolesterol Anda bisa turun bahkan stabil.

Kolesterol ini sangat erat kaitannya dengan lemak yang terdapat di dalam tubuh, maka karena orang yang ingin diet saja bisa efektif dengan olahraga maka hal ini juga berlaku dengan masalah menurunkan kadar kolesterol. Sudah banyak literatur yang memaparkan bahwa memang olahraga tinggi bisa berhasil bagi mereka yang memiliki masalah dengan kadar kolesterol.

Dari berbagai macam dan banyaknya jenis olahraga, ada banyak pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan. Sesuaikan dengan keinginan dan kesukaan Anda, jika Anda tidak suka senam Anda bisa memilih olahraga lari atau sepeda. Namun, pastikan Anda melakukan dengan efektif dan continue agar hasilnya juga sesuai harapan.

Olahraga Pilihan Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menurunkan Kolesterol

  1. Yoga

Meski tidak termasuk olahraga berat, Anda para penderita kolesterol bisa memilih olahraga ini juga. Anda bisa mengkombinasikan dengan olahraga aerobik jika sewaktu-waktu merasa bosan karena bisa memadukan antara ketenangan pikiran, pernapasan, dan gerakan. Olahraga ini juga bisa mencegah Anda dari perasaan stres dan membuat rileks. Sehingga, ini akan berpengaruh pada kolesterol dalam darah yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

  1. Gym

Untuk kalangan muda, mungkin masih mungkin untuk melakukan olahraga ini. Biasanya, untuk olahraga gym ini lebih bertarget sehingga para pesertanya lebih serius dalam melakukan olahraga. Selain itu, Anda akan didampingi oleh para instruktor sehingga tidak akan bingung menggunakan beberapa alat yang ada.

  1. Jogging

Sekalian santai sore, Anda bisa melakukan olahraga ini meski tanpa harus menghabiskan waktu di perjalanan menuju tempat olahraga khusus. Olahraga ini tergolong olahraga ringan dan bisa dilakukan oleh semua kalangan mulai dari yang paling muda hingga yang paling tua. Jika sudah merasa lelah setelah jogging, Anda bisa konsumsi buah dan jus yang bagus untuk menurunkan kolesterol.

  1. Lompat tali

Olahraga lompat tali memang yang paling ringan dan gampang untuk dilakukan. Anda bisa melakukannya sendiri atau mengajak kerabat keluarga melakukannya bersama. Anda hanya membutuhkan beberapa lapangan dengan ukuran yang kecil dan membeli tali lompat yang khusus.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Olahraga

Saat Anda sudah memiliki target yang bulat untuk melakukan olahraga demi menurunkan kadar kolesterol, Anda harus memastikan beberapa hal agar tidak menjadi lebih parah. Maksudnya, bukan berarti saat Anda melakukan olahraga itu tidak akan memberikan hasil dan malah makin memperparah sakit Anda. Namun, jika Anda tetap melakukan kebiasaan buruk meski sudah berolahraga, hal inilah yang akan berpengaruh.

Saat melakukan olahraga, pastikan Anda tidak konsumsi makanan yang berat dan mengandung lemak parah. Karena hal ini bisa saja memberikan reaksi yang buruk terhadap keadaan tubuh dan stamina saat berolahraga nantinya. Juga, jangan lupa untuk melakukan pemanasan saat akan berolahraga apalagi untuk olahraga lompat tali dan semacamnya.

Yang terakhir, pastikan Anda tidak menyantap makanan dengan rakus setelah lelah melakukan olahraga diluar. Tahan dulu keinginan Anda, coba ganti dengan makanan yang tinggi serat dan sehat seperti buah, jus, dan sayuran sekaligus. Untuk air mineral, jangan minum air dingin dengan campuran es juga. Cukup konsumsi air mineral hangat dengan campuran beberapa sendok gula saja.

Apakah Olahraga Berhasil Menurunkan Kolesterol?

Sebuah penelitian pernah membuktikan bahwa seorang penderita kolesterol yang melakukan olahraga secara rutin ternyata dapat menurunkan kadar LDL kolesterol dari 14% hingga 35%. Sedangkan, untuk kadar kolesterol baik itu dapat berpengaruh menjadi meningkat.

Bukti ini dilakukan oleh mereka yang melakukan olahraga selama 2 hingga 5 bulan. Sekaligus mereka bisa menurunkan berat badannya menjadi lebih kurus dengan volume tubuh lebih baik.Maka, hal ini dapat menjawab pertanyaan apakah olahraga berhasil menurunkan kolesterol? Jawabannya adalah berhasil.

 

 

Tagged: , , , , , , , , , , , , ,