Penderita Kolesterol Tinggi Tidak Boleh Konsumsi Daging? Benarkah?

Saat terkena suatu penyakit atau tidak, memang masalah pantangan makanan itu sulit dilakukan oleh banyak kalangan. Apalagi jika pada dasarnya mereka memang suka sekali dengan berbagai macam danjenis makanan. Maka, jika Anda sudah termasuk dalam kategori ini tidak bisa sebebas dulu lagi dalam hal konsumsi makanan.

Untuk para penderita kolesterol, memang untuk konsumsi daging itu sudah banyak dibicarakan agar bisa pantang saja. Meski tidak semua daging, agar tetap menjaga kadar kolesterol normal sangat dianjurkan untuk tidak konsumsi daging secara berlebihan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis daging yang bisa Anda konsumsi dalam kadar tertentu, dan ada pula daging yang sebaiknya tidak Anda konsumsi lagi.

Fakta Mengenai Konsumsi Daging Bagi Penderita Kolesterol

Banyak orang penasaran mengenai fakta apa boleh para penderita kolesterol konsumsi daging? Jika boleh daging apa saja yang boleh? Daging memang menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi. Namun, ada beberapa ahli yang mengatakan bahwa para penderita kolesterol tinggi masih bisa konsumsi daging. Namun, yang perlu diperhatikan adalah cara memilih jenis daging yang tepat untuk bisa kita olah.

Tips Konsumsi  Daging Bagi Penderita Kolesterol

Karena sudah mengetahui bahwa Anda penderita kolesterol masih bisa konsumsi daging, namun ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan agar saat konsumsi daging tidak malah meningkatkan kadar kolesterol. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba saat hendak memilih daging untuk dikonsumsi bagi penderita kolesterol yaitu dengan melihat kandungan dalam berbagai daging.

Saat hendak memilih daging, ada banyak sekali para penderita kolesterol tidak akan pernah memilih daging sapi, kenapa? Karena, jawabannya adalah dalam daging sapi terhadap kandungan 179 kalori, 7,9 gram lemak, dan juga 73 mg kolesterol. Kandungan pada daging ayam yaitu sebanyak 162 kalori, 6,3 gram lemak, dan kolesterol sebanyak 76 mg.Jika dibandingkan dengan daging kambing, untuk kandungan kalori sebanyak 122, kolesterol 64 mg, dan lemak sebanyak 2,6 gram.

Maka, saat hendak memilih daging pilihlah yang kandungan lemak dan kolesterolnya itu yang paling rendah seperti daging kambing. Meski nantinya Anda ingin sesekali konsumsi daging ayam, boleh saja asalkan tidak konsumsi kulitnya dan pastikan Anda memilih ayam kampung bukan ayam potong.

Jika Anda ingin mengkonsumsi daging sapi, pastikan Anda tidak sedang dalam keadaan kadar kolesterol yang tinggi dan tekanan darah tinggi. Karena, banyak pasien yang mengaku sesaat setelah konsumsi daging sapi ini langsung memberikan reaksi yang berbeda. Meski tidak sampai kumat, namun ada perasan yang tidak enak di bagian organ dalam tubuh. Sebaiknya, jika Anda masih bisa menghindarinya maka coba semaksimal mungkin.

Tips Mengolah Daging Agar Kesehatan Tetap Terjaga

Agar Anda bisa tetap konsumsi daging namun tetap menjaga kesehatan Anda tidak menyebabkan kolesterol menjadi semakin tinggi, berikut ini ada beberapa tips untuk mengolah daging yang bisa Anda konsumsi.

  • Potong daging seukuran yang Anda inginkan.

 

  • Rebus daging sebanyak dua kali. Setelah merebus tahap pertama, coba buang airnya setelah 30 menit dilakukan perebusan. Lalu, ambil air lain untuk rebusan selanjutnya namun kemudian bisa langsung Anda campurkan dengan bumbu yang diinginkan.

 

  • Jika Anda ingin dengan cara kukus juga boleh, oleskan daging dengan bumbu yang Anda inginkan dan kemudian kukus. Baru selanjutnya juga bisa Anda panggang.

 

  • Untuk yang suka dengan air kaldu, Anda juga bisa ambil dari rebusan daging, diamkan air rebusan tersebut di dalam lemari pendingin selama satu hari. Jika sudah, lemak yang membeku di atasnya itu dapat Anda singkirkan dengan menggunakan air saja.

 

  • Untuk yang memilih proses penyajian daging dengan cara dikukus atau dipanggang, pastikan Anda tidak memilih kulit terutama daging ayam.

 

  • Jika Anda ingin tetap menggoreng atau menumis daging, disarankan untuk menggunakan minyak yang mengandung lemak tidak jenuh. Beberapa pilihan minyaknya bisa seperti minyak zaitun dan minyak biji bunga matahari.

Tidak hanya bisa mengkonsumsi daging, Anda juga bisa menggantikan konsumsi daging dengan ikan yang mengandung tinggi omega 3 seperti ikan tuna atau salmon yang sangat bagus untuk kolesterol tinggi.

 

Tagged: , , , , , , , , , , , ,