Penyakit Yang Diakibatkan Oleh Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Belakangan ini, di Indonesia sudah banyak sekali penderita yang terserang penyakit kolesterol. Tidak diketahui gejala dan tanda yang sama pasti dengan yang dipaparkan oleh dokter, maka akhirnya seseorang sudah diketahui terkena kolesterol tingkatan yang sudah parah. Maka, sebelum nantinya Anda terkena penyakit ini serta penyakit yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi lainnya langsung persiapkan diri dengan pengetahuan yang mendukung.

Karena, saat Anda membiarkan diri tanpa ada penanganan dan tindakan yang tepat, malah dikhawatirkan akan keadaan kolesterol menjadi semakin parah. Karena, tak jarang orang bahkan akhirnya terserang penyakit komplikasi yang padahal awalnya hanya terkena kolesterol saja. Berikut ini akan dipaparkan mengenai apa saja penyakit yang diakibatkan oleh kolesterol.

Penyakit Yang Diakibatkan Oleh Kolesterol Tinggi

  1. Jantung Koroner

Tidak jarang Anda mendengar kabar dari kerabat yang terserang penyakit jantung sekaligus kolesterol. Hal ini memang karena penyakit ini memiliki hubungan dan keterkaitan yang erat keduanya. Penyakit utamanya itu kolesterol, LDL yang tinggi bisa membuat tumpukan pada dinding pembuluh darah arteri yang akhirnya menjadi aterosklerosis. Jika keadaan ini membuat kolesterol tinggi dan tidak bisa diturunkan kadarnya, bisa menyumbat total pembuluh darah sehingga terjadi serangan jantung.

  1. Stroke

Jika pada nantinya itu kolesterol dapat menyebabkan sumbatan yang terjadi pada pembuluh darah otak, maka dapat menyebabkan terjadinya stroke sumbatan hingga akhirnya berakibat pada matinya sel saraf otak. Ketika sel otak mati, oksigen dan makanan yang harusnya masuk akan berhenti.

  1. Arteri Perifer

Penyakit kolesterol ternyata juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit lain seperti arteri perifer. Sumbatan lemak yang terjadi di pembuluh darah besar selain otak dan jantung, dapat menyebabkan terjadinya penyakit arteri perifer. Penyakit ini dapat menyerang bagian pembuluh darah di tungkai.

  1. Diabetes

Banyak para ahli yang memaparkan bahwa penyakit kolesterol memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan penyakit diabetes. Jika seseorang sudah terkena penyakit diabetes dengan penjagaan kadar gula darah yang cukup optimal, namun seringkali kadar lemak darahnya akan cenderung meningkat. Kadar kolesterol itu berhubungan dengan darah dan juga kadar lemak, maka jika suatu kondisi itu berhubungan terbalik akan bisa berakibat buruk terhadap komplikasi kedua penyakit ini.

  1. Hipertensi

Akibat dari aterosklerosis yang berasal dari kolesterol tadi, plaknya itu dapat menempel di dinding pembuluh darah yang akhirnya menyebabkan arteri menjadi semakin keras dan menyempit. Akibatnya, saat tahanan yang tinggi jantung akan semakin sulit untuk memompa darah. Hal ini yang menjadi penyebab terjadinya hipertensi alias tekanan darah tinggi.

Efek Buruk Terkena Kolesterol Tinggi

Banyak orang yang tidak menjaga kesehatan dan banyak hal karena belum merasakan langsung bagaimana nantinya jika ia terkena penyakit tersebut. Maka, sebagai pengingat dan edukasi diri sendiri ada baiknya Anda mencari tahu mengenai apa saja efek buruk yang diakibatkan dari penyakit kolesterol tinggi. Berikut ini akan dipaparkan untuk Anda:

  1. Membahayakan kesehatan jantung. Saat Anda tidak bisa menjaga makanan dan gaya hidup, akhirnya Anda terkena penyakit kolesterol sehingga arteri akan mengalami pengerasan sehingga jantung akan terkena imbasnya. Risiko yang paling buruk dari penyakit kolesterol adalah terkena serangan jantung.
  2. Menyebabkan tekanan angin pada jantung. Kolesterol biasanya akan berakibat pada tekanan angin yang muncul pada jantung, apalagi jika kondisi tekanan darah Anda sedang tidak stabil juga maka bisa dengan mudah terjadi kemungkinan lebih buruk. Bahkan, pencernaan Anda bisa menjadi bermasalah yang kemudian bisa memunculkan masalah kesehatan lainnya.
  3. Gangguan fungsi empedu, ini bisa disebabkan oleh penyakit kolesterol yang menyerang tubuh Anda. Hal ini biasanya akan memperlihatkan gejala seperti lemah, mual, dan sulit untuk menerima makanan. Penyebabnya karena adanya penumpukan lemak di dalam empedu.
  4. Penyakit kolesterol juga bisa berpengaruh pada risiko Anda terkena gangguan usus. Kondisi ini terjadi sat usus tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup. Anda akan merasakan gejala seperti tidak dapat makan, pendarahan dalam tinja, serta nyeri pada bagian lambung.

Maka, sebelum Anda terserang beberapa efek lainnya dari penyakit kolesterol, jaga kesehatan Anda dan ubah gaya hidup agar jauh dari serangan penyakit ini.

Ketahui Hal Ini Agar Terhindari Dari Penyakit Kolesterol!

Agar Anda terhindar dari penyakit yang bisa dikategorikan mematikan ini, ada baiknya Anda memahami beberapa hal berikut:

  • Menjaga pola makan
  • Olahraga yang teratur
  • Konsumsi sayuran yang sehat
  • Penuhi asupan nutrisi yang baik dan cukup
  • Mengurangi makanan siap saji atau junk food

Dengan menerapkan pola hidup sehat, Anda bisa terbebas dari penyakit kolesterol ini yang dapat menyebabkan penyakit lainnya.