Pola Hidup Keluarga Sehat : Mulai Sekarang

 

Cuka Apel La Tamba 08

Cuka Apel

Terapkan pola hidup sehat untuk menjadikan keluarga anda keluarga yang sehat dan bahagia. Seperti ditulis dari situs kesehatan, Health. Bagaimana supaya keluarga tetap sehat dan bugar? Health bertemu dengan Dr. Oz dan merujuk tips cara menerapkan pola hidup sehat pada keluarga. Menurut Dr. Oz, menerapkan pola hidup sehat keluarga adalah pilihan bersama. Jadi ini adalah sebuah kerja tim keluarga.


Jangan   sampai   lapar

Pola hidup sehat berarti menjaga berat badan yang sehat yang tidak selalu berarti melaparkan diri. “Jika anda tidak makan teratur, akan mengakibatkan hormon ‘lapar’ yang bernama ghrelin meningkat,” ujar Dr. Oz.

“Masalahnya, hormon ini akan kembali normal setengah jam setelah suapan pertama, tapi dalam waktu 30 menit ini seseorang cenderung akan mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dimakan saat perut tidak dibiarkan kosong.”
Dr. Oz


Otomatiskan   sarapan   dan   makan   siang

Tidak memberikan pilihan makanan sehat di kedua waktu makan tersebut untuk meghindari salah pilih. Plus, memilih satu-dua pilihan makanan sehat yang sama akan membuat saat belanja lebih mudah.

Dr. Oz sendiri memulai harinya dengan semangkuk oatmeal ditambah minyak biji rami, sedikit kacang walnut dan kismis — atau bisa juga tambahkan manis-manisan untuk si kecil.

Untuk makan siang, Dr. Oz merekomendasikan sup sayur atau sandwich isi tuna atau ayam dengan roti gandum. Untuk anak-anak bisa siapkan selai kacang ditambah buah-buahan.


Olahraga  20   menit   setiap   hari — di   rumah

Mengapa olahraga di rumah saja? Dr. Oz bilang, “Jika anda harus pergi ke suatu tujuan untuk berolahraga, anda akan otomatis membutuhkan lebih dari 20 menit dan hal ini akan mengganggu keseharian anda.”

Menurutnya, satu jam adalah waktu yang lama dan memaksimalkan olahraga hanya dengan 20 menit akan lebih fleksibel. Lompat tali di halaman rumah, tambah st up dan push up, putar video senam selama 20 menit, atau berjalan-jalan di seputar lingkungan rumah.


Jadilah   penentu   makanan   di   rumah

Menerapkan pola hidup sehat keluarga bisa jadi berat bagi orang tua, mengingat pilihan makanan yang dibeli di supermarket atau di pasar adalah keputusan orang tua. Sebagai misal ketika orang tua membeli cemilan keripik, maka anak-anak (juga orang tua) akan otomatis memakannya.

Seandainya anda melarangnya, anak-anak akan lebih menginginkan makanan tersebut. Jika anda tidak memulai mengenalkan cemilan tidak sehat, anak-anak juga tidak akan menginginkannya. Mulai kenalkan dan stok makanan sehat seperti kacang-kacangan juga buah segar dan sayur yang sudah dipotong dalam kulkas. Sewaktu-waktu anak-anak lapar, cemilan sehat sudah tersedia.


Biasakan   makan   malam   bersama

Studi menunjukkan bahwa jika anda menginginkan anak-anak untuk memahami serta menghargai betapa pentingnya kesehatan tubuhnya dan penerapan pola hidup sehat ini, duduk bersama adalah pilihan terbaik.

Ritual sederhana ini tidak hanya melatih kebiasaan makan pada anak-anak tapi juga nilai di sekolah dan keterbukaan pada orang tua. Ketika keluarga berkumpul untuk makan bersama, ada semacam kesatuan emosional yang dapat membantu kesehatan jangka panjang. Seandainya makan malam tidak memungkinkan, gantikan jadi sarapan bersama.

Bermain   bersama   setiap   hari

Dr. Oz dan keluarga biasanya akan menyalakan lagu Rn’B dan mulai menari seperti di pesta. Kunciya hampir sama seperti berolahraga selama 20 menit di rumah, yaitu memanfaatkan waktu singkat untuk menjadi aktif dalam satu kesatuan keluarga. Coba main sepak bola, pesta dansa atau lempar tangkap setelah makan malam.

Biarkan   anak-anak   menasehati   anda

Katakan pada anak-anak untuk mengingatkan anda sewaktu-waktu anda mencomot makanan tidak sehat. Kata Dr. Oz anak-anak menyukai sensasi diberi ‘kekuatan’. Hal ini dapat menjadikan mereka merasa bahwa mereka adalah bagian dari tim pola hidup sehat ini yang ikut bertisipasi memberi solusi, bukan hanya sekedar pengikut.

Cerita   sebelum   tidur   untuk   si   kecil

Atau menanyakan bagaimana hari si kakak. Waktu sebelum tidur adalah waktu dimana anak-anak melepas ‘perisai diri’nya–saat mereka lelah dan merasa di bawah. Anda akan mendengar apa yang ada di pikiran mereka dan bisa mencoba menggali sisi-sisi yang mungkin anda tidak tahu.

Pastikan   anda   memiliki   rutinitas   tidur

Tidur yang nyenyak membuat anda awet muda. Menurut Dr. Oz hampir sebagian orang Amerika mengalami susah tidur dan tidak mendapat cukup waktu tidur yang cukup berkonstribusi menjadi faktor penyebab serangan jantung dan stroke.

Buatlah kamar tidur sejuk dan gelap, dan jauhkan teknologi. Jika dalam 15 menit anda belum juga tertidur, jangan terlalu memaksakan diri; bangun dari tempat tidur, tenangkan pikiran dengan meditasi atau membaca buku.

Ikatan   di   atas   ranjang

Membiasakan seks teratur akan menambahkan beberapa tahun bonus umur dalam hidup anda, ujar Dr. Oz. Setidaknya dua kali seminggu. Saat dimana kedua pasangan saling bersandar di masing-masing pelukan adalah momen penting untuk memperkuat hubungan–dan kesehatan.