Sejarah Cuka Apel Dunia

Cuka apel adalah hal yang tidak asing lagi di telinga kita. Minuman yang terbukti baik untuk kesehatan ini pun ternyata sudah ditemukan sejak sebelum masehi.ini berawal dari ditemukanya pohon apel yang sebagian besar sejarawan setuju bahwa pohon apel ditemukan berada di sepanjang sungai Nil pada awal tahun 1300 SM, namun pada saat itu masih tidak jelas apakah sari buah tersebut dapat dihasilkan dari buah apel tersebut.

Ketika orang Romawi tiba di Inggris pada tahun 55 SM, mereka menyatakan telah menemukan bahwa penduduk desa Kentish setempat meminum minuman asam terbuat dari sari buah yang terbuat dari apel. Menurut catatan kuno, orang Romawi dan pemimpin mereka, Julius Caesar, jatuh cinta dengan minuman asam itu saat datang ke desa tersebut dan berusaha mengadaptasi minuman tersebut. Namun, tidak diketahui berapa lamanya waktu proses penduduk setempat membuat minuman apel ini sebelum didatangi orang Romawi.

Pada awal abad kesembilan, minuman asam sari buah apel sudah terkenal di Eropa dan pengakuan oleh Raja Charlemagne membuat minuman ini semakin terkenal. Setelah Penaklukan Norman pada tahun 1066, konsumsi sari buah apel ini menyebar luas di Inggris dan kebun buah didirikan secara khusus untuk menghasilkan sari buah apel. Selama abad pertengahan, pembuatan sari buah anggur merupakan industri yang penting. Biarawan menjual sejumlah besar sari buah mereka yang kuat ke masyarakat. Buruh tani menerima tunjangan sari buah sebagai bagian dari upah mereka, dan jumlahnya meningkat selama pembuatan jerami.

Pembuatan sari apel Inggris mungkin memuncak sekitar pertengahan abad ketujuh belas, ketika hampir setiap peternakan memiliki kebun apel sendiri. Industri ini kemudian mengalami penurunan, karena adanya perubahan besar dalam industri bercocok tanam. Namun, minuman sari buah apel mendapatkan kembali popularitasnya pada abad ke-20, namun sebagian besar permintaan untuk diproduksi secara massal oleh sebuah pabrik. Baru beberapa tahun belakangan ini pembuatan minuman sari apel tradisional akhirnya teruji. Saat ini pun minuman asam yang dikenal dengan cuka apel ini sudah banyak ditemukan hampir diseluruh dunia dan sudah diuji manfaatnya bagi kesehatan.