Sejarah, Khasiat, dan Manfaat Cuka Apel

Cuka Apel La Tamba12

Cuka Apel

Sejarah Cuka Apel

Cuka apel telah digunakan selama ribuan tahun untuk membantu proses perawatan berbagai keluhan penyakit. Hipprocates, bapak kedokteran modern, merekomendasikan penggunaan cuka apel yang dicampur dengan madu untuk membantu proses perawatan demam dan flu pada tahun 400 SM.

Sejak itu, cuka apel terus digunakan untuk membantu proses perawatan berbagai penyakit termasuk nyeri. Cuka apel  juga digunakan oleh tentara Romawi dan para pendekar samurai Jepang sebagai ramuan untuk kesehatan, kekuatan, dan vitalitas.

Cuka apel juga digunakan pada perang saudara Amerika sebagai antiseptik untuk membersihkan luka tentara dan terus digunakan untuk tujuan yang sama pada Perang Dunia I.

Kandungan dan Khasiat Cuka Apel

Rasa asam dari cuka apel membuatnya memiliki sifat membersihkan dan dapat digunakan sebagai antiseptik.

Cuka apel mengandung asam asetat yang membantu menyingkirkan bakteri berbahaya dan jamur pada saluran pencernaan. Hal ini membantu kerja pencernaan dan penyerapan nutrisi dari makanan oleh usus.

Cuka apel juga mengandung pektin, merupakan serat yang larut dalam air, sehingga membantu menyerap air, lemak, racun, dan kolesterol dari saluran pencernaan dan membuangnya keluar dari tubuh.

Penggunaan Cuka Apel

Cuka apel banyak sekali kegunaannya. Cuka apel memiliki sifat pembersih yang kuat dan membantu penyembuhan banyak penyakit. Cuka apel dapat digunakan untuk membersihkan usus dan saluran pencernaan.

Cuka apel juga memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah dan kolesterol, serta mampu membuang lemak dan racun keluar dari tubuh.

Penggunaan yang lain dari cuka apel adalah untuk membersihkan kulit dan memerangi jerawat. Cuka apel diketahui memiliki sifat antibakteri dan bisa mengurangi gejala dan tingkat keparahan demam, flu, sinusitis, dan infeksi.

Manfaat Cuka Apel

Cuka apel yang dikonsumsi setiap pagi saat perut masih kosong dapat meningkatkan energi, vitalitas, dan kesehatan secara umum. Rasa sakit akibat penyakit kronis bisa berkurang bahkan hilang sama sekali.

Dengan cuka apel, kulit akan lebih bersih, pencernaan menjadi lebih lancar, kesehatan jantung, kesehatan sistem saraf, sehingga taraf kesehatan secara keseluruhan akan meningkat.

Dosis Cuka Apel

Cuka apel bisa dikonsumsi setiap hari. Dua sampai empat sendok makan cuka apel setiap hari akan meningkatkan vitalitas dan kesehatan.

Jika mengonsumsi cuka apel pertama kali di pagi hari, maka cuka apel akan memiliki efek membersihkan yang kuat pada tubuh.

Bila ingin menggunakan cuka apel untuk menurunkan berat badan, ambilah tiga sendok makan cuka apel dan campur dengan segelas air, minum tiga kali sehari.

Cara yang populer mengonsumsi cuka apel adalah meminum satu sendok makan cuka apel yang dicampur ke dalam satu gelas air putih ditambah dengan madu dan air perasan lemon.
Sumber: http://oketips.com