Tips Ibu Menjadi Ibu Super

Cuka Apel La Tamba 06

Cuka Apel

Dengan jam kerja 24 jam per hari setiap hari, tanpa akhir pekan dan tanpa ijin sakit. Ibu rumah tangga adalah profesi yang luar biasa. Bisakah anda menjadi ibu super yang sehat dan tahan banting? Berikut ini adalah tips ibu menjadi ibu super.

Sebagai ibu anda tentu merasakan betapa tidak realistisnya pernyataan ini: ibu tidur delapan jam per hari dan bangun pagi dengan segar. Prioritas nomor satu memang anak-anak, tapi bukan berarti ibu menyepelekan kesehatan diri sendiri. Bagaimana cara menjadi ibu super.

 

Yang Penting Yang Pertama Itu: Sarapan

Penelitian menemukan bahwa orang merasa lebih puas dengan makanan yang dimakan di pagi hari, tentu saja perasaan puas ini bisa membawa energi positif sepanjang hari nanti. Ibu perhatian dengan sarapan bergizi anak di pagi hari, tapi tidak memberi dirinya sarapan yang layak? Segelas kopi tidak sebanding dengan energi yang dibutuhkan menghadapi aktifitas seharian.

 

Keajaiban   Mengganti   Baju

Ketika anda menjaga anak-anak dengan mengenakan baju tidur atau kaus oblong, anda akan merasa lemas dan lebih tidak bersemangat. Tidak harus memakai rok atau baju formal, tapi kenakan baju yang nyaman, enak dilihat dan membuat anda terlihat segar.

 

Pentingnya    Air

Dehidrasi, seringan apa pun tetap dapat berdampak tidak baik pada tubuh, sakit kepala, letih dan seperti kehabisan tenaga. Dehidrasi ringan biasanya tidak diikuti dengan rasa haus, jadi ibu harus tanggap untuk menyiapkan sebotol air siap minum kapan pun sepanjang menjalani aktifitas ibu rumah tangga.

 

Mandi  Tengah   Hari

Gerah dan hektik kegiatan semenjak pagi akan hilang seketika ketika ibu tiba-tiba mandi di siang bolong. Siraman air dingin di sekujur tubuh akan menyegarkan tubuh yang mulai lelah.

 

Menjadi   ” Ibu yang Jahat “

Saat hari libur, sekali-kali tidak ada salahnya membebas tugaskan diri dari mengawasi anak-anak selama 10-15 menit dengan membiarkan mereka nonton TV, main di halaman atau membiarkan si balita di dalam boks bayi dan membiarkan diri anda sedikit merelaxkan diri dan mengisi tenaga untuk nanti.

 

Habiskan   Waktu   dengan   Anak

Sedikit beristirahat dari menjadi ibu yang baik memang dapat menggenjot tenaga, tapi waktu yang dihabiskan antara ibu dan anak juga akan mengisi tanki energi anda lagi. 15 menit saja dalam hari itu, lupakan tugas ibu dan benar-benar bermain dengan anak tanpa batas waktu atau tujuan apa pun. Kegiatan semacam ini akan lebih melegakan hati anda di malam hari daripada sekedar mengganti baju anak, menyiapkan makan atau keluar masuk rumah seharian.

 

Olahraga

Sempatkan untuk berjalan-jalan keliling kompleks di sore hari, ajari mereka tenis, main roller skate atau bola tangkap. Studi menunjukkan olahraga rutin setiap hari akan menambah jatah energi ke depannya nanti.

 

Menyempatkan   Istirahat

Delapan jam sehari, sekali lagi, tampak tidak realistis bagi ibu baru (dengan anak usia balita), tapi ibu juga tidak bisa hanya tidur 5 jam sehari. Mencari bantuan kafein dari kopi tidak akan benar-benar mengatasi kurang tidur, apalagi ditambah gula, siap-siap saja untuk naiknya timbangan badan.

 

Menjaga    Gula    Darah    Stabil

Saat merasa capek, ibu mengambil seadanya permen atau minuman bersoda manis dan mengkonsumsinya. Ibu memang akan mendapatkan energi tambahan dari fluktuasi dadakan pada gula darah (dari kandungan fruktosa pada permen dan minuman manis), tapi tidak akan tahan lama, malah ibu akan merasa lebih lelah dari sebelumnya.

Sediakan saja cemilan kecil untuk dimakan setiap dua jam untuk menjaga kestabilan gula darah. Misalnya buah pisang, yougurt, cracker, cemilan berprotein atau buah lainnya.

 

 

Sumber: Web MD