Tips Memilih Web untuk Artikel Kesehatan dan Penelitian Ilmiah Sebagai Sumber Terpercaya

 

Maraknya tren gaya hidup naturalis, hendaknya menuntut masyarakat Indonesia untuk menjadi masyarakat yang melek ilmu kesehatan. Meskipun banyak produk berbahan herbal sebagai alternatif obat-obatan kimia, tetap saja penting bagi kita untuk sesekali mengintip sumber-sumber yang terpercaya daripada sekedar mempercayai khasiat yang beredar dari ‘mulut ke mulut’. Apalagi dengan arus peredaran informasi melalui jaringan internet yang melaju dengan cepat, banyak berita disebar tanpa masyarakat melakukan pemeriksaan ulang kebenaran informasi yang dibagikan.

Dalam penulisan artikel-artikel kami, juga dalam proses kami meracik ramuan cuka apel telah melalui proses penelitian non-formal dari berbagai sumber yang signifikan. Tentu saja dengan kemajuan teknologi, masyarakat luas dimudahkan untuk dapat belajar dengan mengakses berbagai informasi yang dulunya hanya dapat diakses pihak tertentu. Sumber seperti apa yang bisa dipercaya faktanya, berikut adalah klasifikasinya:

 

Website Jurnal Ilmiah

 

Menggali informasi mengenai kesehatan, jelas diperlukan untuk mempelajari dari penelitian-penelitian ilmiah formal yang dilakukan oleh para ahli. Setelah penelitian dilaksanakan, para peneliti akan mengajukan review dari sejawat para ahli dan jika mendapatkan apresiasi, maka hasil dari penelitian tersebut akan dimuat dalam jurnal ilmiah resmi. Jurnal tersebut dapat berupa tercetak maupun akses digital—dengan sistem bayar maupun tanpa bayar.

Sekarang sudah banyak universitas-universitas baik organisasi institusi berbagai macam di seluruh dunia yang mengijinkan orang awam—tidak hanya dari kalangan akademik—untuk membaca-baca jurnal yang telah diterbitkan secara gratis secara online. Walaupun memang biasanya untuk topik-topik tertentu, seperti cuka apel, masih belum banyak peneliti di Indonesia yang melakukan observasi, karenanya kami pun merujuk pada penelitian-penelitian internasional.

Cek sumber terkait yang kami lampirkan di bawah artikel ini untuk melihat jurnal online yang dapat diakses tanpa biaya.

 

Website Media Massa Mainstream

 

Ada banyak sumber media yang dapat diakses oleh publik, tapi beberapa sumber tersebut belum tentu dapat dipercaya. Dalam jurnalistik, ada beberapa media yang sudah lama berdiri dan menjadi mainstream—yakni mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas. Sehingga menjadi tugas tersendiri bagi media mainstream untuk menjaga kepercayaan masyarakat ini dengan menyajikan berita-berita yang dapat dipercaya sesuai dengan kode etik pers.

Beberapa nama media massa lokal seperti Detik, Kompas atau BBC, CNN di lini media massa internasional. Cek daftar media lokal lain yang telah mendapat verifikasi Dewan Pers pada sumber terkait yang kami lampirkan di bawah.

 

Website Asosiasi Kedokteran

 

Sungguh sangat dimudahkan sekali kita di era digital ini, bahkan para dokter pun berasosiasi untuk menyajikan informasi yang dapat dijadikan panduan bagi siapa saja yang membutuhkan. Rujukan favorit kami dalam menulis artikel adalah WebMD yang dikelola dengan menggabungkan dokter-dokter dari berbagai bidang ilmu spesialis untuk memastikan kontennya faktual. Untuk sumber website kedokteran lokal, bisa merujuk pada Alodokter.

Tentu saja perlu untuk diingat bahwa informasi yang didapat dari website tersebut tidak dapat menggantikan rujukan dan diagnosa dari doktor ahli.

 

 

 

Sumber:

Daftar Referensi Jurnal Ilmiah Online Gratis (Open Access Journals)

Ini 74 Media yang Terverifikasi Dewan Pers – Detik.com