Tips Pola Hidup Sehat untuk Pria

Cuka Apel La Tamba 07

Cuka Apel

kuncinya adalah persiapan. Sebelum memasuki pola hidup sehat yang sebenar-benarnya, anda memerlukan persiapan layaknya pemanasan sebelum memasuki inti olahraga. Dikutip dari Health, berikut ini adalah tips pola hidup sehat untuk pria selama sebulan pertama memasuki gaya hidup sehat. Pelan-pelan saja dulu, sambil belajar… 🙂

 

Hari   ke-1 :   Sudah , Pulang Saja

Anda mungkin tidak bisa menghindar dari kerja lembur, tapi jangan menjadikannya kebiasaan. Bekerja dalam waktu yang terlalu panjang berkaitan dengan naiknya resiko depresi dan kegelisahan yang dapat mengganggu kesehatan.

 

Hari   ke-2 :   Menjaga Koneksi

Memiliki hubungan yang baik dengan teman maupun keluarga erat kaitannya dengan umur panjang, kesepian erat kaitannya dengan penyakit jantung. Gunakan saja sosial media seperti Facebook dan Twitter untuk menjaga komunikasi dengan kerabat.

 

Hari   ke-3 :   Konsumsi    Ikan

Ikan merupakan sumber protein baik dan memiliki banyak asam lemak omega 3 yang baik bagi kesehatan jantung.

 

Hari   ke-4 :   Menikmati   Matahari

15-20 menit sehari cukup untuk mendapatkan asupan sinar matahari untuk memenuhi kebutuhan vitamin D anda. Mendapatkan cukup asupan vitamin D akan menghindarkan anda dari diabetes, serangan jantung, gagal jantung, tekanan darah tinggi dan penyakit-penyakit ringan seperti fluatau pilek. Tapi jangan terlalu berlebihan juga–kelebihan sinar matahari dapat meningkatkan resiko kanker kulit.

 

Hari   ke-5 :   Matikan TV

Memang mudah sekedar melonjorkan kaki di depan TV seharian, tapi tidak begitu dengan tubuh anda. Orang yang terlalu banyak menonton TV di usia 20-30an cenderung memiliki resiko penyakit jantung yang tinggi di usia 40-an dibanding mereka yang tidak. Bahkan sekedar olahraga tidak cukup mengurangi resiko tersebut.

 

Tips Pola Hidup Sehat untuk Pria – Cuka Apel La Tamba Pilihan Keluarga Sehat Indonesia

 

Hari   ke-6 :   Cheers !

Minum alkohol sudah mulai memasuki gaya hidup masyarakat saat ini. Bagi pria, konsumsi minum alkohol moderat adalah sebanyak dua gelas saja per hari bisa membantu melindungi anda dari penyakit yang berhubungan dengan jantung, menurut penelitian. Apalagi jika anda mengetahui keluarga memiliki riwayat yang melarang anda mengkonsumsi alkohol, lebih baik tidak mulai sama sekali.

 

Hari   ke-7 :   Awasi Gula Darah

Prediabetes–keadaan dimana kadar gula darah naik tapi tidak setinggi klasifikasi gula darah penderita diabetes–dapat menjadi racun bagi tubuh, sama seperti diabetes. Sekitar jutaan orang di Amerika Serikat (57 juta) terdiagnosa prediabetes tanpa menyadarinya. Olahraga teratur dan diettinggi serat, karbohidrat sehat akan membantu gula darah tetap stabil.

 

Hari   ke-8 :   Coba Tes PSA

Jika anda memiliki riwayat keluarga, cobalah melakukan tes PSA (Prostate Specific Antigen–hormon antigen prostat *penrj.). Meskipun tes ini tidak akurat (mengingat penyebab tingkat PSA naik bukan hanya kanker prostat), tapi tes ini membantu mendeteksi kanker prostat lebih dini. Untuk informasi, beberapa kasus pertumbuhan tumor prostat sangat pelan sehingga mungkin tidak terlalu membahayakan dan dokter akan menunggu perkembangan selanjutnya sampai treatmen dilakukakan.

 

Hari   ke-9 :   Kesuburan

Lindungi kesuburan anda untuk masa depan. Berendam di air panas (hot tub) memang diketahui dapat membunuh sperma, tapi beberapa faktor berkaitan dengan menurunnya produktifitas sperma ini mungkin akan sedikit mengejutkan anda, yakni demam dan penggunaan laptop.

 

Hari   ke-10 :   Pria Sejati Tidak Harus Makan Daging

Entah mengapa banyak orang percaya bahwa pria modern hendaknya memakan steak dalam porsi besar dengan beberapa potong sayuran saja. Padahal ketebalan daging ini tidak membuat anda lebih ‘cowok’–tapi hanya akan mempertinggi resiko anda terserang penyakit jantung, kanker kolorektal dan masalah kesehatan lain yang tidak keren. Coba kurangi konsumsi daging merah dan menggantinya dengan makanan yang mengandung lemak poli-tak jenuh seperti ikan.

 

Tips Pola Hidup Sehat untuk Pria – Cuka Apel La Tamba Pilihan Keluarga Sehat Indonesia

 

Hari   ke-11 :   Buang Kebiasaan Buruk

Jelas anda tahu hal tersebut tidak baik. Bahkan dengan resiko kanker paru-paru dan COPD (termasuk emphysema), merokok juga dapat menyebabkan resiko kanker kolorektal yang lebih sering dialami oleh pria dibanding wanita.

 

Hari   ke-12 :   Jangan   Sepelekan   Ngilu   Sendi

Jika anda berusia antara 20-30an tahun, anda mungkin berpikir masih terlalu awal untuk terserang rematik artritis, tapi dengan melakukan perubahan gaya hidup sehat sekarang akan mengurangi potensi terjadinya rematik artritis nantinya.

 

Hari   ke-13 :   Hidup Dengan Tujuan

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang hidup bahagia dan memiliki arti dalam hidup lebih cenderung tidak terjangkit masalah kognitif dan Alzheimer nantinya. Belum terlambat untuk menemukan passion hidup anda.

 

Hari   ke-14 :   Sempatkan Secangkir Kopi dalam Jadwal Sibuk

Penelitian menganjurkan para pria untuk meminum kopi dan melakukan olahraga intensitas sedang untuk menurunkan resiko kanker prostat dan umur yang lebih panjang.

 

Hari   ke-15 :   Sedikit Kari Sehari

Kunyit, lada yang menjadi bahan dasar utama dari kari dipercaya mampu membantu proses perawatan
berbagai masalah kesehatan dan dapat mengurangi inflamasi, depresi dan Alzheimer.

 

Tips Pola Hidup Sehat untuk Pria – Cuka Apel La Tamba Pilihan Keluarga Sehat Indonesia

 

Hari   ke-16 :   Terapkan Gaya Hidup Sehat Yunani

Maksudnya bukan Yunani jaman dulu, tapi Yunani dalam diet Mediterranean yang menganjurkan anda untuk mengkonsumsi makanan kaya sayur, lemak sehat, bijian butir murni dan ikan. Diet jenis ini dikaitkan dengan berbagai hal baik, termasuk mengurangi potensi penyakit pikun di masa tua.

 

Hari   ke-17 :   Jadwalkan Kolonoskopi

Pria cenderung mengalami kanker kolokteral dibanding wanita. Tes kolonoskopi ini mungkin dapat membantu anda mengatur pola hidup sehat anda. Jika anda berusia 50 ke atas, anda harus melakukan tes screening untuk kanker kolokteral, termasuk kolonoskopi ini (lebih cepat lebih baik, tergantung dengan tingkat resiko anda).

 

Hari   ke-18 :   Bangun dan Cegah Penyakit Jantung

Pria lebih beresiko terserang penyakit jantung dibanding wanita. Kabar baiknya adalah dengan perubahan gaya hidup sehat akan membantu membuat perubahan. Ketahui faktor resiko anda dan ubah pola gaya hidup sehat mulai sekarang.

 

Hari   ke-19 :   Minum Bir

Xanthohumol, sebuah senyawa flavonoid yang ditemukan dalam bir (terutama hop) dapat membantu mengurangi potensi kanker prostat, menurut penelitian terbaru pada hewan.

 

Hari   ke-20 :   Menekan Kolesterol

Pria lebih beresiko mengalami serangan jantung dibanding wanita, dan dengan mengetahui kadar kolesterol anda, anda bisa mengambil langkah pertama dalam perubahan pola gaya hidup sehat dan menurunkan resiko tersebut.

 

Tips Pola Hidup Sehat untuk Pria – Cuka Apel La Tamba Pilihan Keluarga Sehat Indonesia

 

Hari   ke-21 :   Perbaiki Hubungan Anda

Memiliki pasangan hidup yang tepat dapat memberi manfaat pada kesehatan anda. Pria yang memiliki pernikahan yang bahagia lebih rendah resiko terserang stroke dibanding mereka yang memiliki hubungan yang tidak bahagia, menurut studi.

 

Hari   ke-22 :   Dapatkan Kepercayaan Diri Anda Kembali

Disfungsi ereksi bisa terjadi akibat stres sementara atau faktor lain, tapi bisa jadi juga tanda-tanda masalah yang lebih serius—seperti peyakit jantung. Jika anda memiliki DE terusan, lebih baik temui dokter.

 

Hari    ke-23 :   Nyeri Terus Menerus

Jika anda mengalami nyeri-nyeri kecil setiap hari, jangan disepelekan. Meskipun lebih banyak ditemukan pada wanita, pria juga bisa terserang fibromyalgia.

 

Hari   ke-24 :   Pilih   Makanan   yang   Ber-Kualitas   (Bukan Kuantitas)

Evaluate your sex life Sex is great, right? But if your sexual habits are out of control—wrecking relationships and disrupting your life in general—you could have a problem.

Makanan seperti apa saja itu? Pilih makanan dengan anti-oksidan tinggi, lemak sehat dan segala macam bahan-bahan yang sehat lainnya untuk memenuhi kebutuhan kalori tubuh.

 

Hari   ke-25 :   Tingkatkan Pengetahuan Akan Kanker Payudara

Meskipun pita kanker payudara bewarna pink, ingatlah bahwa wanita bukan satu-satunya yang terjangkit penyakit kanker payudara. Jangan sepelekan benjolan atau tanda-tanda kanker lain—mewaspadai apa yang anda lihat dapat menyelamatkan hidup anda.

 

Tips Pola Hidup Sehat untuk Pria – Cuka Apel La Tamba Pilihan Hebat Keluarga Sehat Indonesia

 

Hari   ke-26 :   Kontrol Stres

Stres tidak hanya tidak nyaman, tapi juga dapat mengganggu kesehatan dengan menambah peradangan pada tubuh dan meningkatkan resiko penyakit jantung.

 

Hari   ke-27 :   Kurangi Konsumsi Soda

Seiring dengan makin membesarnya lebar pinggang, fruktosa–sejenis gula yang ditemukan dalam minuman ringan–bisa meningkatkan resiko darah tinggi yang dapat merembet ke masalah jantung ke depannya.

 

Hari   ke-28 :   Jauhkan Sendu

Olahraga rutin dengan intensitas sedang selama 30 menit per hari terbukti dapat mengurangi depresi. Olahraga sekarang!

 

Hari   ke-29 :   Pasangan sehat, Gaya Hidup Sehat

Apakah anda merasa lebih muda berolahraga denga pasangan? Anda dan pasangan bisa mendapatkan manfaat ganda hidup sehat dan hubungan sehat dengan berolahraga bersama.

 

Hari   ke-30 :   Olahraga Otak

Exercise for your brain Regular aerobic exercise—at least three hours a week— can improve blood flow to the brain and save your memory as you age.

Olahraga aerobik rutin—setidaknya tiga jam dalam seminggu—dapat meningkatkan peredaran darah menjuju otak dan menjaga kejelian ingatan seiring bertambahnya usia