Tips Pola Hidup Sehat untuk Wanita

Cuka Apel La Tamba 09

Cuka Apel

Pola hidup sehat kuncinya adalah persiapan. Sebelum memasuki pola hidup sehat yang sebenar-benarnya, anda memerlukan persiapan layaknya pemanasan sebelum memasuki inti olahraga. Dikutip dari¬†Health, berikut ini adalah tips pola hidup sehat untuk wanita selama sebulan pertama memasuki gaya hidup sehat. Pelan-pelan saja dulu, sambil belajar ūüôā

 

 

Hari   ke-1 :   Tes   Kolesterol

Penyakit kanker payudara erat dikaitkan dengan wanita dan membuat para wanita lebih was-was terhadap penyakit ini dibanding penyakit jantung. Padahal menurut penelitian penyakit jantung adalah penyebab kematian terbanyak pada wanita. Cek dulu kadar kolesterol tubuh supaya menyemangati gerakan pola hidup sehatnya.

 

Hari   ke-2 :   Berpikir   Positif

Menurut Anna L. Marsland, ketua Laboratorium Imunologi Universitas Pittsburg, otak kita memiliki kecenderungan untuk dapat berkomunikasi dengan sistem imun tubuh. Supaya tubuh tetap sehat, mulailah melatih otak untuk berpikir bahwa anda sehat.

 

Hari   ke-3 :   Konsumsi    Kalsium

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa banyak orang yang kekurangan kalsium akan cenderung menderita osteoporosis. Wanita berusia 19-50 memerlukan setidaknya 1000 mg konsumsi kalsium per harinya dan tidak cukup bila hanya dengan makanan biasa saja. Makan 3-4 porsi makanan yang tinggi kandungan mineral per harinya. Konsumsi juga suplemen vitamin D agar penyerapannya lebih maksimal.

 

Hari   ke-4 :   Manfaat   Olahraga

Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh selama anda menjalani pola hidup sehat,tapi olahraga juga dapat bermanfaat meningkatkan mood anda. Olahraga dapat bekerja layaknya obat-obatan anti-depresi pada pasien depresi, studi menunjukkan.

 

Hari   ke-5 :   Bersosialisasi

Memiliki hubungan yang baik dengan teman maupun keluarga erat kaitannya dengan umur panjang, kesepian erat kaitannya dengan penyakit jantung. Gunakan saja sosial media seperti Facebook dan Twitter untuk menjaga komunikasi dengan kerabat.

 

Tips Pola Hidup Sehat untuk Wanita РCuka Apel La Tamba Pilihan Keluarga Sehat Indonesia

 

Hari   ke-6 :   Pola   Seks   Sehat

Mengetahui pola anda berhubungan intim dengan pasangan dapat membantu anda mempersiapkan pola hidup sehat. Apakah anda termasuk pecandu seks? Jika pola bercinta anda diluar kendali, hal ini akan mempengaruhi hubungan anda dan mengganggu kehidupan anda secara keseluruhan.

 

Hari   ke-7 :   Pijat

Lelah fisik dan stres karena kesibukan sehari-hari dapat reda dalam waktu singkat dengan senjata andalan yang satu ini: pijat.

 

Hari   ke-8 :   Cheers!

Minum alkohol sudah mulai memasuki gaya hidup masyarakat saat ini. Bagi wanita, konsumsi minum alkohol moderat adalah sebanyak satu gelas saja per hari untuk meninghindari komplikasi dengan penyakit jantung, bahkan menghindari naiknya timbangan badan. Kelebihan alkohol dikatakan erat kaitannya dengan resiko kanker payudara.

 

Hari   ke-9 :   Menikmati   Matahari

15-20 menit sehari cukup untuk mendapatkan asupan sinar matahari untuk memenuhi kebutuhan vitamin D anda. Mendapatkan cukup asupan vitamin D akan menghindarkan anda dari diabetes, serangan jantung, gagal jantung, tekanan darah tinggi dan penyakit-penyakit ringan seperti flu atau pilek. Tapi jangan terlalu berlebihan juga–kelebihan sinar matahari dapat meningkatkan resiko kanker kulit.

 

Hari   ke-10 :   Jadwalkan   Janji   ke   Dokter   Gigi

Kesehatan gigi juga salah satu bagian penting dari keseluruhan gaya hidup sehat dan gigi yang sehat tidak hanya sekedar gigi yang rapi dan rata. Contohnya saja penyakit gusi, yang sering dikaitkan dengan resiko penyakit jantung dan diabetes. Jadi, segera buat janji!

 

Tips Pola Hidup Sehat untuk Wanita – Cuka Apel La Tamba Pilihan Keluarga Sehat Indonesia

 

Hari   ke-11 :   Lewatkan   Tanning   Bed

Alat berbentuk seperti peti vampir dimana anda akan berbaring di dalamnya seperti ranjang dan disinari ultra violet ini memang sedang marak digunakan para pecinta salon untuk mengikuti tren melegamkan kulit. Tapi ultra violet pada Tanning Bed berbeda dengan sinar matahari biasa. Agen Penelitian Kanker Internasional dari WHO menyatakan baru-baru saja bahwa Tanning Bed memiliki kemungkinan kandungan karsinogen.

 

Hari   ke-12 :   Berkumpul   dengan   Kelompok   yang   Bergaya   Hidup   Sehat

Kebiasaan baik pun bisa menular. Baik penggunaan sosial media maupun faktor-faktor yang sifatnya personal (rasa senang, obesitas, merokok dsb) disebabkan oleh orang-orang yang berada di sekitar anda.

 

Hari   ke-13 :   Catat   dan   Cek-kan   Diri   Anda

Pengetahuan adalah kekuatan. Mengapa persiapan pola hidup sehat itu penting? Karena anda memerlukan gambaran akan kesehatan diri anda sendiri sebelum mengatur pola yang sesuai. Ada 10 tes kesehatan yang bisa anda lakukan sepanjang tahun ini, seperti tes kulit, tes darah, pendengaran, dsb yang akan membantu anda mengetahui kondisi anda dan melakukan pencegahan untuk ke depannya nanti.

 

Hari   ke-14 :   Awasi   Gula   Darah

Prediabetes–keadaan dimana kadar gula darah naik tapi tidak setinggi klasifikasi gula darah penderita diabetes–dapat menjadi racun bagi tubuh, sama seperti diabetes. Olahraga rutin dan makanan tinggi serat serta berkarbohidrat baik akan membantu anda menjaga gula darah tetap stabil

 

Hari   ke-15 :   Mandi   dengan   Air   Dingin

Mandi dengan air dingin dikatakan dapat membantu mengatasi lesu, migrain, sirkulasi darah dan rasa linu. Dan bagi para wanita, perlu diketahui bahwa beberapa gosip mengatakan bahwa mandi dengan air dingin adalah rahasia para wanita Prancis dalam menjaga kekencangan payudaranya.

 

Tips Pola Hidup Sehat untuk Wanita – Cuka Apel La Tamba Pilihan Keluarga Sehat Indonesia

 

Hari   ke-16 :   Latihan   untuk   Tulang

Adalah latihan yang berkaitan dengan mengampuh beban pada tulang seperti berjalan, dansa atau angkat beban. Latihan-latihan ini akan menjaga tulang tetap sehat dan kuat seiring bertambahnya umur anda. Ahli menganjurkan untuk setidaknya melakukan olahraga ini 2 1/2 jam per minggunya.

 

Hari   ke-17 :   Kontrol   Stres

Tidak hanya ketidaknyamanan, stres juga dapat mengganggu kesehatan dengan mendorong inflamasi pada tubuh dan meninggikan resiko serangan jantung.

 

Hari   ke-18 :   Lakukan   Tes   Mamogram   atau   Tidak ?

Katanya tes mamogram dilakukan di umur 40-an, tapi ada yang bilang juga 50-an, sebenarnya kapan waktu yang tepat melakukannya? Anda tidak sendirian. Banyak wanita yang memiliki pertanyaan serupa. Temui dokter langganan dan konsultasikan kapan sebaiknya anda mengambil tes setelah mempertimbangkan keadaan kesehatan anda, usia dan faktor-faktor lainnya.

 

Hari   ke-19 :   Khasiat   Jahe

Selama berabad-abad, dari generasi ke generasi, jahe terpercaya sebagai obat berbagai gangguan perut. Peneliti pun setuju bahwa kandungan di dalam jahe dapat menstimulasi pencernaan, memperkuat otot usus dan membantu mencerna makanan dalam lambung.

 

Hari   ke-20 :   Makan   Pisang

Atau makanan apa saja yang kandungan potasiumnya tinggi dan sodiumya rendah. Bisa juga kentang rebus (dengan kulit) atau apukat. Makanan seperti ini ditambah progam penurunan berat badan dan berolahraga dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.

 

Tips Pola Hidup Sehat untuk Wanita – Cuka Apel La Tamba Pilihan Keluarga Sehat Indonesia

 

Hari   ke-21 :   Memprioritaskan   Tidur

Tidur mungkin menjadi daftar terakhir dari kegiatan sehari-hari anda, tapi jangan menyepelekan manfaat tidur. Peneltian terbaru menyebutkan bahwa kurangnya tidur akan mengganggu kontrol gula darah tubuh sehingga meningkatkan resiko diabetes tipe 2.

 

Hari   ke-22 :   Mencuci   Tangan

Tidak hanya dapat mengurangi potensi berpindahnya virus flu dari satu orang ke orang yang lain, kebiasaan mencuci tangan juga dapat menghindarkan anda dari penyakit keracunan makanan dari bakteri seperti E. coli dan salmonella.

 

Hari    ke-23 :    Pentingnya   Kesehatan   Payudara

Sudah disebut sebelumnya mengenai kanker payudara, akan tetapi bagi para wanita muda, kanker payudara seringkali diremehkan. Mulai dengan pencegahan simpel seperti menyusui, berolahraga dan pemeriksaan payudara klinis meskipun anda asi berusia 20 atau 30-an.

 

Hari   ke-24 :   Pilih   Makanan   yang   Ber-Kualitas   (Bukan Kuantitas)

Makanan seperti apa saja itu? Pilih makanan dengan anti-oksidan tinggi, lemak sehat dan segala macam bahan-bahan yang sehat lainnya untuk memenuhi kebutuhan kalori tubuh.

 

Hari   ke-25 :   Hiduplah   dengan   Suatu   Tujuan

Ketika anda memutuskan ingin menjalani pola hidup sehat, setidaknya anda memiliki gambaran akan hidup. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang bahagia dan memiliki tujuan dalam hidup, jarang ditemukan memiliki gangguan kognitif maupun Alzheimer. Kenapa tidak dimulai dari sekarang? Setidaknya hiduplah untuk membawa lebih banyak senyum pada orang-orang di sekitar anda.

 

Tips Pola Hidup Sehat untuk Wanita – Cuka Apel La Tamba Pilihan Hebat Keluarga Sehat Indonesia

 

Hari   ke-26 :   Jangan   Sepelekan   Ngilu   Sendi

Beban terlalu berat dan olahraga terlalu sedikit, pelan-pelan akan menyebabkan artritis (sejenis rematik) seiring anda bertambah usia, tapi yang gejala ngilu sendinya dapat menyerang berapa pun usia anda.

 

Hari   ke-27 :   Tambahkan   Bawang   Putih

Menurut Carmia Borek, PhD, profesor di Universitas Sekolah Pengobatan di Boston, bawang putih adalah antioksidan yang dapat meningkatkan imun dan melawan inflamasi. Artinya bumbu dapur yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh ini, mungkin saja bisa membantu mengurangi potensi kanker dan kesehatan jantung.

 

Hari   ke-28 :   Buang   Kebiasaan   Buruk

Merokok adalah kebiasaan buruk yang susah diberhentikan. Tahukah anda bahwa pria dan wanita yang merokok, berhenti dengan caranya sendiri? Cara yang digunakan teman pria anda sampai ia berhasil berhenti merokok mungkin tidak memiliki hasil yang sama pada anda. Mulai cari tahu metode seperti apa yang dapat menghentikan anda dari kebiasaan buruk yang satu ini.

 

Hari   ke-29 :   Cuil   Sedikit   Cokelat

Studi terbaru menemukan bahwa seperempat ons cokelat saja tiap hari akan membantu anda menurunkan resiko ‘mengalami’ yang namanya penyakit jantung atau stroke.

 

Hari   ke-30 :   Kacang   dan   Buah   Berry

Kacang merah menduduki posisi teratas makanan yang memiliki konsentrasi antioksidan tertinggi menurut Departemen Agrikultur AS. Sedangkan pada umumnya, kacang-kacangan menempati tiga posisi pada 5 tempat tertinggi. Blueberry, baik yang liar maupun pertanian menempati dua posisi lainnya.

 

Hari   ke-31 :   Bersihkan   Makanan   Berlemak

Bukan bersihkan menghabiskan, tapi benar-benar bersihkan menu makanan ini dari daftar makanan pola hidup sehat anda, karena makanan berlemak ini akan membuat anda ketagihan terus. Sebuah studi terbaru (pada tikus) menunjukkan bahwa terus-terusan mengkonsumsi makanan tinggi lemak, seperti bacon, daging sapi dan cheesecake dapat memicu perilaku kompulsif layaknya obat-obatan semacam kokain.